Lapas Kediri Ikut Serta Bimtek PAM, Untuk Perkuat Keamanan dan Intelijen

1 bulan ago
39

Kediri – Bantenmore.com ¦ Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Kediri Kanwil Kemenkumham Jatim turut serta dalam Bimbingan Teknis (Bimtek) tentang Pengamanan dan Intelijen, yang bertempat di Surya Hotel & Cottage Prigen. Rabu (12/06).

Bimtek ini bertujuan untuk mensosialisasikan Peraturan Menteri Hukum dan HAM Nomor 8 Tahun 2024 tentang Penyelenggaraan Keamanan dan Ketertiban pada Satuan Kerja Pemasyarakatan. Peraturan ini ditetapkan pada tanggal 7 Februari 2024 dan diundangkan pada tanggal 15 Februari 2024.

Dalam kegiatan tersebut, Lapas Kediri mengirimkan dua pejabat beserta dua orang Jabatan Fungsional Tertentu (JFT). Sosialisasi ini penting untuk memastikan semua lini pemasyarakatan dapat bekerja sesuai dengan standar keamanan dan ketertiban yang telah ditetapkan.

Para peserta mendapatkan penjelasan rinci mengenai berbagai aspek teknis dan strategis yang berkaitan dengan tugas pengamanan dan intelijen di lingkungan pemasyarakatan. Bimtek ini memberikan pedoman yang jelas tentang bagaimana penyelenggaraan keamanan dan ketertiban harus dilaksanakan.

Juga sebagai langkah strategis dari Kanwil Kemenkumham Jawa Timur untuk memastikan bahwa semua satuan kerja pemasyarakatan di wilayahnya dapat melaksanakan tugasnya dengan optimal serta mengimplementasikan kebijakan baru yang diatur dalam Peraturan Menteri tersebut.

Kakanwil Kemenkumham Jatim, Henii Yuwono, menjelaskan tujuan dari pelaksanaan Bimbingan Teknis Pengamanan dan Intelijen ini. “Bimtek ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan deteksi dini dan pencegahan dini melalui pemetaan tingkat kerawanan, seperti kerawanan orang, kerawanan tempat, kerawanan sarana prasarana, dan kerawanan informasi. Selain itu, juga untuk melaksanakan instrumen-instrumen deteksi dini lainnya,” jelasnya.

Plt. Kepala Lapas Kediri, Budi Ruswanto, menyampaikan tanggapannya terkait partisipasi Lapas Kediri dalam bimtek ini. Ia menekankan pentingnya kegiatan ini untuk kesiapan dan profesionalisme satuan kerja pemasyarakatan. “Dengan adanya kegiatan ini, Saya harap jajaran kami lebih siap dalam menghadapi tantangan serta menjalankan tugas dengan profesional dan sesuai dengan peraturan yang berlaku,” ujarnya.

[*/red bm]

FANS PAGE

Social Media

Content Ini Hak Bantenmore.com - Silakan contact Admin jika ingin Melakukan Kerjasama berita :)